Kamis, 02 Maret 2017

Cara membedakan  crochet dan knitting



Membuat tas rajutan imut dari plastik kresek (cara merajut). Sebelum memulai merajut ada baiknya kita menyamakan persepsi dulu, bahwa crochet = merajut, bukan merenda. Jadi, crochet dan knitting , keduanya sama-sama teknik merajut. Karena masih banyak orang yang memperdebatkan tentang pengertian crochet itu sendiri. Dan jika persepsi kita nggak sama, maka akan terjadi kerancuhan dengan isi artikel ini.

Setelah sama persepsi, baru lah kita memahami tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan merajut, mulai dari pengertian crochet, perbedaan crochet dengan knitting, peralatan merajut, simbol-simbol dalam merajut, istilah-istilah crochet, macam-macam tusuk rajut, dan sebagainya.

Pengertian crochet:
Teknik crochet adalah suatu teknik yang mengolah benang dengan membentuk sengkelit-sengkelit dengan pertolongan satu batang pengait/jarum/songket dan hasil keseluruhan kaitan membentuk sebuah benda atau bahan baru.

Perbedaan crochet dan knitting:
Crochet menggunakan jarum tunggal yang disebut hook/hakken/hakpen. Sedangkan knitting menggunakan jarum ganda yang disebut jarum knit/knitting needle/breien.

Peralatan merajut:
1. Hook/hakken/hakpen.
Hakpen memiliki ukuran bermacam-macam. Penggunaannya disesuaikan dengan ukuran benang. Karena jika hakpen terlalu kecil, hasil rajutannya akan terlalu rapat dan kaku. Begitu juga sebaliknya, apabila hakpen terlalu besar, maka hasil rajutannya akan terlihat besar dan berlubang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar